Literature

BUDIDAYA KAKTUS PDF

This site is the bee’s knees.

Author: Kajir Teshura
Country: Morocco
Language: English (Spanish)
Genre: Business
Published (Last): 12 November 2006
Pages: 136
PDF File Size: 8.68 Mb
ePub File Size: 5.27 Mb
ISBN: 626-2-99695-280-7
Downloads: 84287
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Dugal

Tanaman ini sebenarnya sangat mudah untuk perawatannya, dan memiliki nilai artistik yang bagus, sehingga banyak digunakan oleh desainer taman maupun tukang taman dalam pembuatan taman, cocok digunakan untuk taman minimalis maupun tropis. Apabila sudah cukup dewasa, dari sela daunnya akan tumbuh tunas yang panjang, pada bagian ujungnya terdapat tumbuhan muda berupa tunas yang dilengkapi dengan tunas tunas akar,bila ujung tunas ini mencapai tanah maka akarnya akan segera menempel dan masuk ke dalam tanah lalu menjadi tanaman baru.

Bunga yang memiliki nama latin Lilium Candidum L ini mengandung beberapa zat kimia penting, seperti flavonoid yang mengandung antioksidan, anti kanker, dan membantu meremajakan kulit, katkus sebagai antioksidan dan juga sapion sebagai salah satu zat penghambat pertumbuhan kanker.

Dibalik kecantikan dan warnanya yang indah, bunga lily ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Budidaya kaktus | Kaktus Mini

Diposting oleh endi di Kirimkan Ini lewat Email BlogThis! Cara Budidaya Tanaman Hias Melati. Saya jadi ingin punya tanaman hias Melati di pekarangan rumah saya nih. Hehehe… Sebenarnya saya sudah tahu lho cara membudidayakannya. Kalian ingin tahu tidak? Oke deh, akan saya bagikan informasi itu pada kalian semua. Silahkan disimak ulasan di bawah ini yaitu mengenai cara membudidayakan tanaman hias Melati!

Pembibitan Tanaman Hias Melati Siapkan tempat semai berupa pot dengan ukuran besar, anda juga dapat menggunakan polybag. Media semai berisi campuran tanah dan pasir steril, berikan lubang di dasar pot untuk drainase yang baik. Isikan media semai dalam pot anda hingga setebal 20 — 30 cm, kemudian lakukan penyiraman. Lalu tutuplah permukaan wadah persemaian dengan lembar plastik bening transparan agar kondisi udara tetap terjaga lembab.

Jagalah kondisi bibit agar selalu sehat, lakukan penyiraman secara kontinu 1 — 2 kali sehari dan biarkan untuk selalu terkena sinar matahari pagi. Jika bibit stek sudah memiliki akar yang cukup kuat atau berusia 1 — 23 bulan, pindahkan ke dalam polybag berisi medium tumbuh campuran tanah, pasir, dan pupuk organik dengan perbandingan sama rata.

Rawatlah selayak hingga berumur 3 bulan penyiraman dan pemupukan rutin. Bersihkan lokasi lahan untuk Melati dari gulma serta batu-batuan yang mengganggu proses penanaman dan pertumbuhan. Kemudian bajaklah tanah dengan cangkul hingga tanah gembur dan biarkan selama 15 hari agar tanah mengering.

Lalu buatlah bedengan selebar — cm, tinggi 30 — 40 cm, dan jarak antar bedengan 40 — 60 cm menyesuaikan besar lahan.

Aturlah pH tanah dengan pemberian kapur atau pengapuran. Berikan dolomite atau kapur hidrat jika pH tanah terlalu asam. Tebarkan pupuk kandang di atas permukaan tanah dan campurkan merata dengan lapisan tanah bagian atas.

Ukuran lubang tanam 40 cm x 40 cm x 40 cm dan jarak antar lubang — cm. Penanaman Bunga Melati Masukkan bibit Melati yang berada dalam polybag ke setiap lubang tanam yang sudah anda siapkan. Pastikan bahwa satu lubang tanam berisi satu bibit Melati. Tutupi dengan tanah dan campuran pupuk kandang hingga rapat, kemudian siramlah dengan air secukupnya. Pastikan lokasi penanaman mendapatkan sinar matahari yang cukup serta kondisi tanah tidak terlalu lembab. Perawatan Bunga Melati Pada satu bulan awal setelah tanam, bibit Melati seringkali mati karena serangan dari rumpul liar atau gulma.

  AFI 13-204 PDF

Lakukan penyiangan secara rutin untuk menjaga Melati dari serangan-serangan tersebut. Jangan lupa untuk selalu memeriksa drainase tanaman Melati serta penyiraman yang rutin agar tanaman Melati tidak mengalami banjir atau kekeringan.

Periksalah lahan dan lakukan sanitasi dari serangan hama atau penyakit. Jika ada yang tertular dan kondisinya sudah parah, potonglah bagian yang terserang dan musnahkan untuk mencegah penyebaran penyakit lebih lanjut. Sebisa mungkin hindari penggunakan pestisida kimia karena dapat merusak unsur hara yang berada di dalam tanah.

Jika anda rutin dalam perawatannya, tanaman Melati akan berbunga dan tumbuh sehat tanpa adanya masalah. Jenis tanaman ini merupakan tanaman hias daun yang populer dengan bentuk dan warna daun yang sangat bervariasi. Bentuk daun pun bermacam-macam, ada yang berbentuk memanjang, oval, tepi bergelombang, helainya “terputus-putus”, dan sebagainya.

Puring merupakan kerabat jauh dari singkong. Kepopuleran tanaman yang sering juga disebut kroton ini bisa dikarenakan bentuk daunnya yang bergelombang dan kompak meski ada pula jenis lain yang lurus. Begitu juga warnanya yang indah dan biasanya terdapat beberapa macam warna cerah dalam satu pohon membuat keindahan tersendiri bagi yang melihatnya. Cara membibit tanaman hias puring terbilang sangat muda, cukup dengan melakukan stek batang atau proses cangkok.

Tanaman Hias Ku

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memilih batang yang baik untuk kemudian dilakukan stek dan proses cangkok. Kerat kulit batang dari puring dengan menggunakan pisau yang lumayan tajam, kemudian lendir yang keluar dibuang sampai habis.

Pada bagian keratan batang diberikan tanah dan dibungkus. Ikat kedua ujung dari bungkusan tersebut, kemudia lakukan penyiraman secara berkala setiap harinya sampai keluar akar, proses ini mungkin akan memakan waktu setidaknya 3 minggu. Serelah itu potong kemudian tempatkan pada tempat yang lembab.

Pada proses pencampuran berikan air sedikit demi sedikit. Selanjutnya tanam bibit yang sudah disiapkan dalam posisi tegak lurus keatas. Tanaman ini memiliki akar serabut, jadi sebaiknya ditanam dalam lubang yang agak dalam sekitar cm.

Padat tanah disekitar tanaman untuk mencegah tanaman roboh.

Tanaman Hias Ku

Tanaman ini dapat bertahan dalam keadaan tanah kering cukup baik. Jika ditanam di pekarangan bahkan cukup disiram seperlunya saja. Lakukan juga penyiangan dan pemupukan setiap ,5 bulan sekali dengan pupuk organik. Jenis Tanaman Hias Hudidaya Mini. Jenis tanaman hias yang akan diulas pada postingan ini adalah tanaman hias yang mempunyai ciri khas dengan duri yang tajam pada setiap batangnya.

Tanaman ini juga sangat diminati dikarenakan perawatannya yang cukup katkus dikarenakan kaktus merupakan tanaman yang asalanya dari gurun pasir jadi akan sangat tahan meskipun dalam kondisi kekurangan air ataupu dalam kondisi cuaca yang panas.

Linneaus yang merupakan ahli botani yang membuat klasifikasi tanaman, memasukkan kaktus ke dalam kelompok tumbuhan berduri atau Cactaceae. Daerah-daerah itu punya curah hujan rendah dengan frekuensi yang tak tentu. Perubahan suhu yang ada pun sangat ekstrem. Jenis tanaman kaktus yang ,aktus dijadikan tanaman hias adalah jenis kaktus mini.

  IZAZOV BURZE PDF

Selain bentuk yang memiliki perbedaan bentuk masing-masing, tanaman hias kaktus juga memiliki berbagai macam varian warna bunga.

Ball cactus yang dalam bydidaya latinnya parodia magnifica merupakan spesies kaktus berbunga yang berasal dari Brazil bagian selatan. Tanaman kaktus ini bisa tumbuh dengan tinggi 7 – 15 cm. Bentuk kaskus ini terdiri dari banyak rusuk, berambut, dan menghasilkan bunga berwarna kuning pucat. Tanaman hias tumbuh secara berkelompok. Kaktus ini tidak suka terkena sinar matahari secara langsung, sehingga Anda harus menaruhnya budiadya tempat yang teduh.

Jenis kaktus yang tumbuh didaerah panas dengan penampilan yang nyentrik. Duri-duri yang panjang tidak membuat penanamnya tertusuk karena duri itu cukup lemas begitu kita sentuh.

Kecuali pada duri-duri kecil yang cukup keras. Tidak seluruh tubuh kaktys melocactus ini berduri, melainkan hanya pada bagian sudut-sudut yang ada diluar. Kaktus Haworthia attenuata atau tanaman zebra. Ini mungkin adalah kaktus terbaik yang dapat tumbuh di dalam ruangan karena memiliki toleransi yang tinggi untuk kondisi cahaya yang rendah. Haworthia adalah genus tanaman sukulen kecil yang endemik di Afrika Selatan.

Kaktus ini, umumnya tumbuh dalam kelompok dan sangat minim perawatan. Pincushion cactus sendiri adalah nama umum yang diberikan kepada berbagai jenis kaktus kecil, yang memiliki bentuk menarik dan beragam. Anda dapat menemukan lebih dari spesies kaktus kecil di seluruh dunia.

Bentuk kaktus yang satu ini cukup unik dikarenakan bentuknya yang mirip dengan kastil yang biasa kita lihat di negeri dongeng.

Ada bagian dari kaktus yang tinggi dan kaktua lagi pendek. Cereus tetragonus dapat anda gunakan sebagai tanaman pagar ataupun tanaman hias pot. Anda dapat menanam mereka dalam pot kecil.

Gymnocalycium atau sering disebut kaktus dagu, adalah genus kaktus dari Amerika Selatan. Seluruh permukaan batang pada tanaman hias kaktus ini ditutupi oleh duri halus berwarna kuning dengan rapat. Terdapat duri yang berwarna merah, pada bagian ujung daunnya.

Hal yang membuat menarik dan memikat dari kaktus ini adalah adanya bunga mungil yang berwarna putih. Namun tumbuhan hias ini mempunyai buiddaya yang lebih kokoh dengan batang yang berukuran lebih besar.

Batang tertutup duri kemerahan. Kaktus ini termasuk rajin berbunga dengan warna putih. Kaktus ini sangat pantas dijadikan penghias. Kaktus jenis ini memiliki batang berwarna hijau dengan betuk kolmnar. Disekitar batang utama tanaman hias kaktus ini merupakan tempat tumbuhnya anak-anak kaktus sehingga kaktus ini akan tumbuh berkelompok.

Seluruh bagian batangnya ditumbuhi oleh duri halus yang berwarna coklat kemerahan. Sebenarnya masik ada banyak sekali jenis kaktus yang cantik.