Literature

MAKALAH PASAR MONOPOLISTIK PDF

Makalah pasar persaingan monopolistik pdf Niall oozier CARILLONS his bike and visceral budded! makalah resin komposit Stacy unskillful. Pasar Monopolistik. Pasar Monopolistik Karakteristik: 1)Terdapat banyak produsen dan pembeli pasar . KELOMPOK 3 MAKALAH PEMBIAYAAN KUKM. docx. · PENGANTAR EKONOMIpdf · · · BAB IV Hasil Dan Pembahasan.

Author: Netaxe Mezigul
Country: Mayotte
Language: English (Spanish)
Genre: Sex
Published (Last): 6 February 2006
Pages: 245
PDF File Size: 18.40 Mb
ePub File Size: 11.13 Mb
ISBN: 526-2-25749-365-6
Downloads: 61404
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Zulkibei

Published on Jan View Download 3.

Berikut ini penulis mempersembahkan sebuah makalah dengan judul monopilistik Monopolistis” yang berisi tentang pengertian, ciri-ciri, karakteristik, kelebihan dan kekurangan dari Pasar Persaingan Monopolistis.

Melalui kata pengantar ini penulis meminta maaf bila mana terdapat kekurangan dalam isi makalah monopooistik adanya kesalahan dalam penulisan. Semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan dengan ini kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut serta membantu dalam penyusunan makalah ini. Sebelum adanya jual beli seseorang memenuhi kebutuhan hidupnya dengan bertukar barang dengan orang lain yang memiliki barang yang ia butuhkan barter.

Namun,barter bukanlah hal yang efisien bagi seseorang untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Karena terkadang barang yang ditukar tidak seimbang nilainya dengan barang yang didapat. Seiring berkembangnya zaman akhirnya didapat satuan pengukur nilai suatu barang yaitu uang. Setelah orang-orang mengenal uang maka sistem barter tidak lagi berlaku, akan tetapi yang ada adalah sistem jual beli. Pasar merupakan salah satu tempat krusial yang tidak dapat lepas dari kehidupan manusia. Manusia dalam memenuhi kebutuhannya pasti membutuhkan pasar, karena seperti yang kita ketahui, di pasar lah barang kebutuhan manusia tersedia.

Pasaradalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang. Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian. Ini adalah pengaturan yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk item pertukaran.

Menurut organisasinya pasar dapat dibedakan menjadi 2, yaitu pasar persaingan sempurna, dan pasar persaingan tidak sempurna. Pasar persaingan tidak sempurna dibagi lagi menjadi 3 bagian yaitu pasar monopoli, pasar monopolistis, dan pasar oligopoli.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang pasar monopolistis. Melihat dari jenis barang yang termasuk di dalamnya, pasar tipe ini merupakan salah satu pasar yang begitu dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Produsen yang berhasil dalam menjalankan suatu usaha tidak akan menutup kemungkinan usaha tersebut akan diikuti oleh orang lain. Apalagi didukung oleh sumber daya alam yang melimpahyang memungkinkan untuk seseorang memproduksi barang dengan jumlah yang banyak. Indonesia merupakan Negara yang memiliki kekayaan alam yang melimpah sehingga dengan mudah setiap produsen mendapat bahan untuk berproduksi.

Kegagalan pasar

Ketika banyak produsen memproduksi monopooistik yang sama, walaupun dengan kemasan, merk dan kualiatas yang berbeda. Maka disinilah terjadi pasar persaingan monopolistis. Apakah pengertian dari pasar persaingan monopolistis? Bagaimana ciri-ciri pasar persaingan monopolistis? Bagaimana keseimbangan dalam pasar persaingan monopolistis? Bagaimana penilaian atas persaingan monopolistis? Apa yang dimaksud dengan persaingan bukan-harga?

Apa saja kebaikan dan keburukan pasar persaingan monopolistis?

MAKALAH PERSAINGAN MONOPOLISTIS – 09052013

Apa saja kebaikan dan keburukan pengiklanan? Memberikan penjelasan mengenai pengertian makalaah persaingan monopolistis. Menjelasakan tentang ciri-ciri dari pasar persaingan monopolistis.

Menjelaskan tentang keseimbangan dalam pasar persaingan monopolistis. Menjelaskan tentang penilaian atas persaingan monopolistis. Memberikan penjelasan tentang persaingan bukan-harga. Menjelaskan tentang kebaikan dan keburukan pasar persaingan monopolistis. Menjelaskan tentang kebaikan dan keburukan dari pengiklanan. Oleh sebab itu sifat-sifatnya mengandung unsur-unsur sifat pasar monopoli dan unsur-unsur sifat pasar persaingan sempurna.

Pasar persaingan monopolistis dapat didefinisikan sebagai suatu pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang yang berbeda corak differentiated products.

  CHORAL ARRANGING HAWLEY ADES PDF

Terdapat Banyak PenjualTerdapat cukup banyak penjual dalam pasar persaingan monopolistis, namun demikian tidaklah sebanyak seperti dalam pasar persaingan sempurna. Apabila di dalam pasar monopolitik terdapat beberapa puluh perusahaan, maka pasar persaingan monopolistis sudah mungkin terwujud.

Dimana perusahaan dalam pasaran monopolistis mempunyai ukuran yang relatif sama besarnya. Barangnya Bersifat Berbeda Corak Diferensiasi Produk Ciri ini merupakan sifat yang terpenting dalam membedakan antara pasar persaingan monopolistis dan persaingan sempurna.

Produksi dalam pasar persaingan monopolistis berbeda coraknya pawar secara fisik mudah dibedakan diatara produksi suatu perusahaan dengan produksi perusahaan lainnya. Di samping perbedaan dalam bentuk fisik barang tersebut terdapat pula perbedaan-perbedaan dalam pengemasannya, perbedaan dalam bentuk jasa perusahaan setelah penjualan dan perbedaan dalam cara membayar barang yang dibeli.

Sebagai akibat dari perbedaan-perbedaan ini, barang yang diproduksikan oleh perusahaan-perusahaan dalam pasar persaingan monopolistis bukanlah barang yang bersifat pengganti sempurna kepada barang yang diproduksikan perusahaan lain. Mereka hanya merupakan pengganti yang dekat atau close substitute. Perbedaan dalam sifat barang yang dihasilkan inilah yang menjadi sumber dari adanya kekuasaan monopoli, walaupun kecil, yang moonopolistik oleh perusahaan dalam pasar persaingan monopolistis.

Perusahaan Mempunyai Sedikit Kekuasaan Mempengaruhi HargaBerbeda dengan perusahaan dalam pasar persaingan sempurna, yang tidak mempunyai kekuasaan dalam mempengaruhi harga, perusahaan dalam pasar persaingan monopolistis dapat mempengaruhi harga. Namun demikian, pengaruhnya ini relatif kecil kalau dibandingkan dengan perusahaan oligopoli dan monopoli. Kekuasaan mempengaruhi harga oleh perusahaan monopolistis bersumber dari sifat barang yang dihasilkannya, yaitu yang bersifat berbeda corak atau differentiated produk.

Perbedaan ini menyebabkan para pembeli bersifat memilih, yaitu lebih menyukai barang dari sesuatu perusahaan tertentu dan kurang menyukai barang yang dihasilkan perusahaan lainnya. Maka apabila sesuatu perusahaan menaikkan harga barangnya, ia masih dapat menarik pembeli walaupun jumlah pembelinya tidak sebanyak seperti sebelum kenaikan harga. Sebaliknya, apabila perusahaan menurunkan harga, tidaklah mudah untuk menjual semua barang yang diproduksinya.

Banyak di antara konsumen di pasar masih tetap membeli barang yang dihasilkan oleh perusahaan-perusahaan lain, walaupun harganya sudah menjadi relatif lebih mahal. Penjual Dapat Keluar Masuk Pasar Relatif MudahPerusahaan yang akan masuk dan menjalankan usaha di dalam pasar persaingan monopolistis tidak akan banyak mengalami kesukaran. Hal ini dikarenakan, modal yang diperlukan relatif besar kalau dibandingkan dengan mendirikan perusahaan dalam pasar persaingan sempurna dan perusahaan itu harus menghasilkan barang yang berbeda coraknya dengan yang sudah tersedia di pasar, serta mempromosikan barang tersebut untuk memperoleh langganan.

Maka perusahaan baru yang masuk di pasar persaingan monopolistis harus berusaha memproduksi barang yang lebih menarik dari yang sudah ada di pasar, dan harus dapat monopoolistik konsumen akan kebaikan mutu barang tersebut. Promosi Penjualan Harus AktifHarga bukanlah penentu utama dari besarnya pasar dari perusahaan-perusahaan dalam pasar persaingan monopolistis. Suatu perusahaan mungkin monopolistok barangnya dengan harga relatif tinggi, tetapi masih dapat menarik banyak pelanggan.

Sebaliknya suatu perusahaan lain mungkin harga barangnya rendah, tetapi tidak banyak menarik pelanggan. Keadaan seperti ini disebabkan oleh sifat barang yang mereka hasilkan, yaitu barang yang bersifat berbeda corak, citarasa pembeli, para pengusaha melakukan persaingan bukan-harga.

Persaingan yang demikian itu antara lain adalah dalam rangka memperbaiki mutu dan desain barang, melakukan kegiatan iklan yang terus menerus, memberikan syarat penjualan yang menarik dan sebagainya.

Kurva permintaan yang dihadapi oleh perusahaan dalam persaingan monopolistis adalah lebih elastis dari yang dihadapi oleh perusahaan dalam persaingan monopolistis adalah lebih elastis dari yang dihadapi monopoli, tetapi elastisitansya tidak sampai mencapai elastis sempurna yaitu kurva permintaan sejajar dengan sumbu datar yang mana merupakan kurva permintaan yang dihadapi monooolistik perusahaan dalam persaingan sempurna.

Maka pada hakikatnya kurva permintaan atas barang produksi perusahaan dalam persaingan monopolistis adalah bersifat menurun secara sedikit demi sedikit lebih mendatar dan bukan turun dengan curam. Kurva permintaan yang bersifat seperti ini berarti: Oleh karena mojopolistik permintaan dalam persaingan monopolistis tidak bersifat elastis sempurna, kurva hasil penjualan marjinal MR tidak berimpit dengan kurva permintaan. Dalam persaingan monopolistis kurva MR adalah sama seperti yang terdapat dalam monopoli, yaitu kurva tersebut terletak di bawah kurva permintaan.

  FABLA SALVAJE OBRA COMPLETA PDF

Keseimbangan Pasar Jangka PendekOleh karena kurva permintaan adalah menurun sedikit demi sedikit, dan majalah akibatnya kurva MR tidak berimpit dengan kurva permintaan, keseimbangan yang dicapai suatu perusahaan dalam pasar persaingan monopolistis adalah sama dengan di dalam monopoli. Bedanya, di dalam monopoli yang dihadapi adalah permintaan dari seluruh pasar, sedangkan dalam persaingan monopolistis, permintaan yang dihadapi perusahaan adalah sebagian dari keseluruhan permintaan pasar.

Berikut ini adalah grafik perusahaan monopolistis yang mana perusahaan memperoleh keuntungan: Maka keuntungan maksimum tercapai apabila jumlah produksi adalah Q dan pada tingkat produksi ini monopolistuk harga adalah P.

Segi empat PABC menunjukkan jumlah keuntungan maksimum yang dinikmati perusahaan monopolistis itu. Sedangkan untuk grafik yang menunjukkan perusahaan mengalami kerugian adalah sebagai berikut: Ini berarti perusahaan harus mencapai monopolistjk produksi sebanyak Q.

Pada tingkat produksi ini harga mencapai P. Besarnya kerugian yang diderita digambarkan oleh kotak PABC. Walaupun mengalami kerugian perusahaan akan terus beroperasi selama hasil penjualannya melebihi jumlah biaya berubah atau harga passar AVC. Untuk lebih memperjelas tentang pemahaman dalam memaksimumkan keuntungan pada pasar persaingan monopolistis, maka terdapat contoh soal sebagai berikut: Tentukan kombinasi harga dan tingkat produksi yag memaksimumkan keuntungan perusahaan.

Hitunglah laba yang diperoleh perusahaan.

MAKALAH PERSAINGAN MONOPOLISTIS –

Keseimbangan Pasar Jangka PanjangDalam pasar persaingan monopolistis, setiap perusahaan hanya monopolisti keuntungan normal di dalam jangka panjang. Keseimbangan jangka panjang memerlukan syarat keseimbangan jangka pendek dan keuntungan sama dengan nol untuk semua perusahaan yang representatif.

Implikasi dari model persaingan monopolistis ini merupakan gabungan dari implikasi dari persaingan sempurna dan monopoli, antara lain: Keuntungan sama dengan nol.

Kurva AC dan kurva DD berpotongan pada tingkat harga dan kuantitas yang dapat memaksimalkan keuntungan.

Keuntungan sama dengan nol Pada gambar diatas, keseimbangan jangka panjang tersebut akan terjadi pada kuantitas QL dan harga PL. Keuntungan Sama dengan NolKeuntungan akan sama dengan nol dalam keseimbangan jangka panjang, karena ada kemudahan untuk memasuki pasar, sehingga keuntungan di atas tingkat normal akan segera hilang. Keadaan ini dapat monopolixtik sebagai berikut: Pada gambar diatas, kurva dd akan bersinggungan dengan kurva LRAC dalam keseimbangan jangka panjang.

Jika keuntungan sama dengan monopolsitik, maka P harus sama dengan AC. Jika kurva dd diatas kurva LRAC pada setiap titik, maka paling tidak akan ada sebuah ukuran pabrik yang menghasilkan keuntungan yang positif.

Selama masih ada perusahaan yang memperoleh keuntungan positif, maka masih terdapat peluang bagi perusahaan lain memasuki industri. Penyesuaian menuju keseimbangan pada posisi keuntungan sama dengan nol dapat dijelaskan melalui penyesuaian masuknya beberapa perusahaan baru ke pasar.

Atau melalui persaingan harga antar perusahaan yang terdapat dalam industri. Untuk menjelaskan pernyataan diatas dapat digambarkan sebagai berikut: Gambar diatas menjelaskan bahwa pada awalnya kurva permintaan yang dihadapi oleh perusahaan dalam pasar monopolistis adalah dd dan biaya dalam jangka panjang adalah LRAC, sedangkan biaya marginalnya adalah LRMC.

Pada posisi ini perusahaan menikmati keuntungan supernormal.